Minggu, 14 Agustus 2011

HONOR YOUR PARENT

HONOR YOUR PARENT
Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
Ulangan 5:16

Baca: Keluaran 20:1-17
Inilah satu-satunya perintah Allah dari sepuluh perintah yang langsung berembel-embelkan reward. Menghormati ortu! Ketika kita menghormati ortu, langsung tersedia upah bagi kita yang melakukannya, yaitu umur panjang dan keadaaan yang baik (makmur dan sejahtera). Ini berarti, Tuhan memberikan privilege kepada orang tua untuk memberkati anak cucu mereka dengan kesejahteraan. Masih ingat donk bahwa berkat yang diucapkan oleh ishak kepada Yakub selamanya menjadi miliknya. Sedangkan “berkat sisa” yang diberikan kepada Esau juga menentukan jalan hidupnya.
Menghormati ortu adalah perintah yang diberikan oleh TUHAN kepada kita. Namanya perintah berarti harus dilakukan dan tak bias ditawar-tawar lagi. Tak peduli apakah ortu kita orang yang baik dan terhormat ataukah orang yang kasar dan kurang terpelajar. Bagaimanapun keadaan ortu kita, kita tetap harus menghormati mereka. Tuhan membenci anak-anak yang kurang ajar, yang tak menghargai ortu bahkan yang berani menghina ortunya sendiri. Sebagaimana upah tersedia yang menghormati ortu, maka hukuman juga sudah tersedia bagi yang tak menghormati ortu! (Amsal 30:17)
Lalu bagaimana dengan ortu yang belum bertobat? Haruskah kita juga menghormati mereka? Tentu saja YA. Meski ortu kita belum mengenal kebenaran injil, namun bukan berarti kita boleh menyepelekan mereka. Justru kita bias memenangkan mereka untuk mengenal Kristus melalui perbuatan dan sikap-sikap kita yang menghormati mereka. Saya sendiri pernah mengalami kok gimana rasanya bergumul untuk ortu yang belum bertobat. Bahkan ketika mereka masih menganut tradisi-tradisi yang tak boleh dilakukan oleh orang percaya. Puji Tuhan, justru melalui sikap hormat anak-anak kepada orang tua, akhirnya ortu kami bisa kenal Tuhan. Justru kalo kita membangkang nereka dan menunjukan sikap tidak hormat, akan semakin jauh jarak yang tercipta dan semakin sulit mereka dijangkau oleh keselamatan injil. Teruslah berdoa bagi ortumu, dan tetap hormati mereka sebagai orang tuamu.

0 komentar:

Posting Komentar