Sabtu, 01 Oktober 2011

Tips Iseng Numpang Nampang di google.com


1. Mengenal internet! Minimal megang komputer yang nyambung internet 4 jam tiap bulan.
2. Buat website! Ini mutlak diperlukan, bagaimana mau nampang kalau ndak punya website?
3. Tentukan nama yang spesifik kalau perlu unik, kalau perlu buat sebagai title website kamu.
4. Format HTML website kamu yang standar. Lebih bagus kalau situsnya hanya html murni. Bila kesulitan dalam hal manajemen isinya, dapat kamu gunakan fasilitas mod_rewrite Apache. Gambarannya seperti ini :
5. Bila kamu punya URL : http://www.website.com/brandproducts.php?brandid=3 dan biar seperti html ditulis http://www.website.com/brandproducts/3.php maka dapat kamu gunakan mod_rewrite-nya Apache. Atau bila kamu punya sedikit kemampuan scripting (misal PHP) dapat kamu akali untuk url http://situskeren.com/index.php?id=project menjadi http://situskeren.com/index.php/id/project
6. Submit alamat situs kamu lewat http://www.google.com/addurl.html, maka situs kamu akan masuk dalam daftar pencarian GoogleBot (robot pencarinya google).
7. Buat komunitas di internet, jalin persahabatan dengan netter lain khususnya juga yang sama-sama mempunyai website. Ajak untuk saling menge-link bahasa kerennya saling menukar tag “a href”. Sehingga bila kamu punya kawan, misal namanya si fulan yang punya situs pribadi di (misal) http://webstudent.ugm.ac.id/~sifulan/ minta dia supaya memasang link ke situsmu. Tentunya bila kamu baik hati akan memasang link ke situsnya fulan di situsmu. Contohnya kamu masuk ke komunitas blogger. Apa itu blogger? Cari saja sendiri di google!.
8. Bila punya kelebihan uang, coba beli domain sendiri misalnya .com, .net, .org sehingga nama domain kamu singkat. Misal nama kamu paijo ya beli aja paijo.com atau paijo.net. Sehingga kemungkinan besar google akan menempatkan paijo.com kamu sebagai top result-nya untuk kata kunci paijo.
9. Bila komunitas kamu masing-masing punya domain bagus sendiri-sendiri, lebih afdhol lagi bila saling tukar subdomain. Misal wahyu punya wahyu.com, saya dapat minta mastris.wahyu.com, kalau saya baik hati maka wahyu juga akan saya buatkan di wahyu.mastris.net.
10. Google cenderung mencari situs situs yang berhubungan dengan pendidikan, sehingga bila kamu mempunyai alamat yang mengandung domain .edu, .ac.id atau yang berhubungan dengan pendidikan biasanya akan lebih afdhol.
11. Karena google prefer on educational purposes maka sebaiknya isi website kamu berhubungan dengan dunia pendidikan.
12. Bila anda menggunakan Internet Explorer, gunakan fasilitas PageRank dari Google Toolbar untuk melihat seberapa penting suatu halaman. Contoh universitas terkenal seperti mit.edu mempunyai ranking 10!. www.stanford.edu(9) , www.harvard.edu(9) Tugas : coba tengok www.gadjahmada.edu dan subdomain-subdomainnya sendiri! Untuk domain ac.id : www.ui.ac.id(7), www.itb.ac.id(7) www.ugm.ac.id(6), www.its.ac.id(5).
13. Aktif di mailing list atau aktif mengisi buku tamu. Intinya kamu punya aktivitas yang lumayan terkenal di dunia internet. Misalnya kamu sering masuk dalam suatu forum, sehingga banyak didapati namamu (yang juga sebagai keyword) walhasil situs kamu akan terkenal.
14. Jangan malu untuk publish tulisan-tulisan kamu ke internet! Apapun tulisan kamu, bila kamu share di internet dapat berguna untuk orang lain. Apalagi mau publish suatu karya ke situs-situs opensorce , membuat cepet kondang!
15. Kumpulkan kata-kata kunci yang sering dicari dan sifatnya unik. Misal untuk dunia teknik informatika : sistem operasi, sistem operasi terdistribusi, jaringan komputer, database terdistribusi, kumpulan tesis tesis informatika, skripsi teknik informatika dan lain-lain yang sekiranya kombinasi katanya unik dan sedikit dijumpai di internet. Tulis di situs kamu. Perhatian khusus untuk cara ini sangat licik, karena dapat menipu orang lain yang mencarinya di situs kamu. Atau juga biasanya netter akan mencari mp3, maka kalau kamu punya daftar lagu-lagu mp3 boleh juga kamu masukkan. Resiko ditanggung sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar