Jumat, 22 Maret 2013

BIOS

Bagaimana cara reset password BIOS? Lebih sulit lagi bagaimana mereset password BIOS laptop tanpa membongkarnya? Ada kalanya kita harus berhubungan dengan BIOS pada laptop untuk melakukan pengaturan tertentu. Namun jika dilindungi dan anda lupa password maka masalah jadi berat. Persoalan lain adalah kebanyakan dari kita ngeri jika harus bongkar-membongkar laptop.
Metode terbaik untuk mereset password BIOS tergantung pada BIOS apa yang digunakan Laptop. BIOS yang sangat umum adalah AMI, Award, IBM, dan Phoenix. Banyak BIOS lainnya ada, tetapi yang ini adalah yang paling umum. Beberapa BIOS memungkinkan pengguna untuk meminta sandi sebelum sistem boot atau sebelum BIOS setup dapat diakses. Kategori solusi umum untuk me-reset password BIOS adalah:
  •   Menggunakan Backdoor BIOS Password
  •   Reset BIOS Password dengan Hardware
  •   Reset BIOS Password dengan Software
Cara Reset Password BIOS melalui Backdoor
Beberapa produsen BIOS menerapkan password backdoor. Password ini biasanya digunakan untuk pengujian dan maintenance. Produsen biasanya mengubah BIOS password backdoor dari waktu ke waktu.
Catatan : backdoor password dibawah ini adalah dengan pengertian pemilik laptop belum pernah mengubahnya sendiri.
  1. AMI Backdoor BIOS Passwords. AMI menggunakan salah satu backdoor BIOS passwords ini: AAAMMMIII, AMI?SW , AMI_SW, BIOS, CONDO, HEWITT RAND, LKWPETER, MI, dan PASSWORD.
  2. Award Backdoor BIOS Passwords. Award backdoor BIOS password menggunakan 8 spasi dan menggunakan salah satu password ini: 01322222, 589589, 589721, 595595, 598598 , ALFAROME, ALLY, ALLy, aLLY, aLLy, aPAf, award, AWARD PW, AWARD SW, AWARD?SW, AWARD_PW, AWARD_SW, AWKWARD, awkward, BIOSTAR, CONCAT, CONDO, Condo, condo, d8on, djonet, HLT, J256, J262, j262, j322, j332, J64, KDD, LKWPETER, Lkwpeter, PINT, pint, SER, SKY_FOX, SYXZ, syxz, TTPTHA, ZAAAADA, ZAAADA, ZBAAACA, and ZJAAADC.
  3. Phoenix Backdoor BIOS Passwords. Phoenix BIOS backdoor passwords biasanya menggunakan password: BIOS, CMOS, phoenix, and PHOENIX.
  4. Backdoor BIOS Passwords dari merek Laptop yang lain. BIOS backdoor passwords untuk beberapa merek laptop terkenal adalah:
Manufacturer
BIOS Password
VOBIS & IBM merlin
Dell Dell
Biostar Biostar
Compaq Compaq
Enox xo11nE
Epox central
Freetech Posterie
IWill iwill
Jetway spooml
Packard Bell bell9
QDI QDI
Siemens SKY_FOX
SOYO SY_MB
TMC BIGO
Toshiba
Toshiba
Ingat bahwa password yang tercantum diatas mungkin saja tidak bekerja karena kondisi tertentu atau sudah diupdate oleh pabrikan bersangkutan.
Cara Reset Password BIOS melalui Hardware
Jika pengguna tidak dapat mengakses laptop setelah telah dinyalakan, berarti penggunaan laptop harus melewati password BIOS. Password BIOS disimpan dalam memori CMOS yang sumber dayanya dipertahankan dengan baterai kecil saat PC dimatikan, yang melekat pada tempat tertentu atau melekat pada motherboard. Jika user membuka baterai ini, semua informasi CMOS (termasuk password BIOS) akan hilang. Pengguna harus memasukkan kembali informasi CMOS setup yang benar untuk menggunakan laptop.
Ada kalanya pada laptop tertentu baterai disolder ke motherboard, sehingga sulit untuk dilepas. Jika hal ini terjadi, biasanya ada alternatif lain yaitu pada suatu tempat pada motherboard terdapat jumper yang akan menghapus password BIOS. Jika anda memiliki dokumentasi motherboard laptop anda, maka dengan mudah bias mengetahui letak jumper ini. Jika tidak, jumper dapat diberi label pada motherboard. Jumper ini biasanya berdiri sendiri di dekat baterai kecil. Jika pengguna tidak dapat menemukan jumper, masih mungkin untuk mencari di titik-titik di mana baterai terhubung ke motherboard.
 
Jika anda perhatikan gambar di atas, ternyata jumper cmos ada 3 kaki. Dalam gambar diatas jika jumper ditempatkan pada posisi 1, maka itu adalah keadaan normal. Jika jumper dibuka dan ditempatkan pada CLRTC, maka itu akan menghapus semua data pada setting BIOS
Cara Reset Password BIOS melalui Software
Jika dua cara reset password diatas, apa jalan terakhir? Kita akan menggunakan software reset password BIOS. Kebanyakan user laptop lebih suka cara terakhir ini. Setiap Laptop menyimpan informasi password BIOS di suatu tempat. Jika user dapat mengakses laptop setelah telah boot dengan sukses, maka user mungkin dapat melihat password BIOS. Tetapi user harus mengetahui alamat memori dimana password BIOS disimpan dan format di mana password BIOS disimpan atau memiliki program untuk mengetahui hal-hal ini.
  1. !BIOS . !BIOS adalah sebuah software yang dapat dijalankan pada jendela DOS untuk menghapus password BIOS. Ini biasanya digunakan pada BIOS:  IBM, American Megatrends Inc., Award, dan Phoenix. Sayangnya pengguna laptop banyak yang takut dengan layar hitam. Silahkan download software ini, gratis adanya.
  2. KeyDisk sering digunakan untuk reset password laptop Toshiba. Silahkan kunjungi alamatnya dan baca tutorialnya.
  3. CmosPwd dapat merecover beberapa password BIOS seperti:
  • ACER/IBM BIOS
  • AMI BIOS
  • AMI WinBIOS 2.5
  • Award 4.5x/4.6x/6.0
  • Compaq (1992)
  • Compaq (New version)
  • IBM (PS/2, Activa, Thinkpad)
  • Packard Bell
  • Phoenix 1.00.09.AC0 (1994), a486 1.03, 1.04, 1.10 A03, 4.05 rev 1.02.943, 4.06 rev 1.13.1107
  • Phoenix 4 release 6 (User)
  • Gateway Solo – Phoenix 4.0 release 6
  • Toshiba
  • Zenith AMI
bios word

0 komentar:

Posting Komentar